Sejarah Berdiri IKIP PGRI Wates


IKIP PGRI Wates berdiri pada tanggal 15 Maret 1968, semula bernama KIP PGRI Yogyakarta Cabang Wates, yang menyelenggarakan kegiatan dibawah Yayasan Pendidikan PGRI Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Akta Notaris R. M. Surjanto Partaningrat No. 03 tanggal 3 Mei 1961. Pendidikan yang diselenggarakan pada waktu berdirinya adalah Program Sarjana Muda.

Pengurus Yayasan Pendidikan PGRI Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat pendirian IKIP PGRI Wates terdiri:

Ketua I                                                       : Muh. Djamali

Ketua II                                                     : Djajawijana

Sekretaris I                                              : Hardjowinarno

Sekretaris II                                             : Poerbiwijoto

Bendahara I                                             : Suparman

Anggota                                                    : Lasiman,BA.

Pada saat berdirinya IKIP PGRI Wates (semula bernama IKIP PGRI Yogyakarta Cabang Wates) memiliki 2 (dua) fakultas; yaitu:

  1. Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS) dengan jurusan Sejarah
  2. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan jurusan Teori dan Sejarah Pendidikan.

Kedua fakultas/jurusan diatas berstatus terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 44 a/DPT/1969 tertanggal 28 Oktober 1969, dibawah pimpinan Dekan Koordinator atas nama Drs. R. Soeadji.

Selanjutnya untuk meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi maka pada tahun 1981 IKIP PGRI Cabang Wates memisahkan diri, dan berdiri sebagai Perguruan Tinggi di bawah nauangan Yayan Pendidikan PGRI Kabupaten Kulon Progo, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tanggal 22 Januari 1981 Nomor : 029/0/81. Berdasarkan Musyawarah Kerja Naslonal (MUKERNAS) PGRI, maka semua yayasan PGRI yang mengelola pendidikan diubah menjadi Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan PGRI (YPLP PGRI). Sesuai dengan hasil Mukernas tersebut maka IKIP PGRI Wates selanjutnya berada di bawah YPLP PGRI Daerah Istimewa Yogyakarta, berdasarkan Akta Notaris Nomor : 74 Tanggal 13 Juni 1983. Selanjutnya sesuai dengan tuntutan perkembangan maka pada tahun 1986 IKIP PGRI Wates berada dibawah YPLP PGRI IKIP PGRI Wates, berdasarkan Akta Notaris Daliso Rudianto Nomor 70 tanggal 23 Juli 1986. Kepengurusan YPLP PGRI IKIP PGRI Wates tersebut pada tanggal 21 Juli 1987 disempurnakan lagi berdasarkan Akta Notaris Daliso Rudianto Nomor : 128 dan diperbaharui dengan Akta Notaris Daliso Rudianto Nomor : 26 tanggal 18 Januari 1994. Keberadaan lembaga IKIP PGRI Wates saat ini di bawah naungan Badan Penyelenggara yang disebut Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) IKIP PGRI Wates. Badan Penyelenggara tersebut merupakan kelanjutan dari badan penyelenggara sebelumnya yang telah disesuaikan dengan UU Nomor 28 Tahun 2004 tentang Yayasan, dan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. : AHU-502.AH.01.04. Tahun 2009.

Sejak berdirinya IKIP PGRI Wates terus berupaya untuk meningkatkan jenjang, fakultas dan jurusan. Pada tahun akademik 1982/1983 FIP membuka membuka jurusan baru; yaitu Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan. Jurusan baru tersebut memperoleh Statur Tersaftar dari Menteri Pendidikan pada tahun 1998. Kemudian pada Tahun Akademik 1985/1986 IKIP PGRI Wates membuka fakultas dan jurusan baru; yaitu Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA); jurusan Pendidikan Matematika. Namun setelah berjalan selama 5 tahun, karena adanya perubahan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang sangat memberatkan IKIP PGRI Wates mengenai persyaratan tenaga akademik/dosen harus dari ilmu murni, maka pendidirian fakultas dan jurusan baru tersebut terpaksa tidak dilanjutkan. Mahasiswa dari fakultas FMIPA dan jurusan Pendidikan Matematika tersebut kemudian di salurkan ke IKIP PGRI Yogyakarta.

Pada tahun 1985 pemerintah mengadakan perubahan terhadap jenjang pendidikan yang harus dikembangkan. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan PJ Nomor : 042/1985 tanggal 28 Januari 1985 jenjang pendidikan yang dikembangkan oleh IKIP PGRI Wates pada semua jurusan yang ada adalah Program Jenjang Strata 1 (SI). Selanjutnya pada tahun 1991, sesuai dengan tuntutan jaman, dan dinyatakan passing out bagi jurusan. Teori dan Sejarah Pendidikan, sudah tidak menerima mahasiswa baru. Program kegiatan pada prodi tersebut hanya ditujukan untuk menghabiskan mahasiswa lama.

Berkait dengan kualitas penyelenggaraan, pada tahun 1985 jurusan Pendidikan Sejarah (semula bernama jurusan Sejarah) memperoleh status Diakui dari pemerintah, berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 31/DIKTI/KEP/1995 tertanggal 24 Februari 1995.Dengan status baru tersebut semakin mantap bagi jurusan tersebut dalam berbenah diri. Sebagai hasil dari upaya berbenah diri maka pada tahun 1998, jurusan Pendidikan Sejarah memperoleh Status Terakredited dengan peringkat C berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Nomor: 01756/Ak-U.l/IK 2 CFS/XJI/1998 tertanggal 28 Desember 1998. Begitu juga untuk jurusan Bimbingan-Konseling (BK) pada tahun 1999 mengajukan akreditasi dan akhirnya memperoleh Status Terakreditet dari BAN-PT dengan peringkat C sesuai Surat Keputusan BAN-PT Nomor 012/BAN-PT/Ak-IV/W1999 tertanggal 23 Juni 1999. Pada tanggal 22 Agustus tahun 2013 SK Pendirian PGSD SI dikeluarkan oleh DDCTI dengan No SK 313/E/0/2013. Hal ini yang menjadi dasar kami untuk menerima mahasiswa baru jurusan PGSD SI pada tahun akademik 2013/2014.

Tempat pelaksanaan perkuliahan mahasiswa IKIP PGRI Wates berpindah-pindah. Semula ketika berstatus sebagai cabang dari IKIP PGRI Yogyakarta, perkuliahan dilaksanakan di Sentolo; semacam kelas jauh atau kelompok belajar. Pada saat penyelenggaraan kegiatan di Sentolo dikelola antara lain oleh Bp. Drs. Sumartono, Bapak Hadi Sukamto, dan Bapak Hadi Winarno. Beliau-beliau inilah patut dipandang sebagai pendiri kelompok belajar di Sentolo yang merupakan cikal-bakal IKIP PGRI Wates. Selanjutnya perkuliahan dipindah dengan menyewa gedung Sedolah Dasar Negeri IV Wates yang berlokasi di Jin. Stasiun No. 1 Wates Yogyakarta. Sejak tahun 1981 perkuliahan dipusatkan di kampus ini hingga sekarang.

Personal yang juga berjasa dalam pengembangan IKIP PGRI Wates selanjutnya; terdiri atas tokoh dalam yayasan dan lembaga. Tokoh dalam yayasan antara lain Bapak Hadi Winarno, Bapak Tjokro Hadi Sadiq, dan Bapak Karjo,SH (ebagai Ketua Yayasan sejak 1986). Rektor yang pernah menjabat di IKIP PGRI Wates: Drs. H.R. Soeadji ( 1980 - 2000 ), Drs. Dri Atmaka,M.Pd. (2000 - 2004; 2004 - 2006), dan Drs. H. Sumardiono,MM (2006 - 2010; 2010 - sekarang). Selain unsur dalam yayasan terdapat beberapa personal yang ikut dalam mengembangkan lembaga ini yang kini telah tiada; antara lain : Drs. Subijanto Wirojudo, Drs. Sasyardi, Dra Martinah, Drs. Ary Gunawan, Drs. Dimyati, Dra. Siti Supriyati, Drs. Slamet Sudibyo, Drs. YB Suranto, Sugiyarto, BA, Drs. Subiyono, Drs. Sismadi, M.Sc.Ed., Drs. Syamsuar Muchtar,SH, KRT. Selodiningrat, Drs. YS. Winarno, Th. Sadik, Ibu Musni dan Bapak Dalijo. Beliau-beliau telah berjasa pada lembaga yang kita cintai. Oleh sebab itu dalam acara doa nanti mohon kesediaan petugas pembawa do'a sudilah kiranya juga mendoakan para pejuang tersebut. Semoga amal kebaikannya pada lembaga ini diterima Tuhan sebagai amal jariah, dan segala dosa dan kesalahannya diampuni serta ditempatkan di sorga loka yang setinggi-tingginya. Amin.

 



PENGUMUMAN

Regristrasi Mahasiswa Baru Gelombang IV TA 2017/2018


selengkapnya...

DAFTAR PESERTA LULUS TEST PMB IKIP PGRI WATES Gelombang IV TA 2017/2018


selengkapnya...

JADWAL KULIAH SEMESTER GANJIL TA 2017/2018


selengkapnya...

Awal Kuliah Tahun Akademik 2017/2018


selengkapnya...